Pentakosta H-9 - Menerima Roh Kudus dan Baptis: Kapan Anda menerima Roh Kudus, sebelum, selama, atau setelah Baptisan?

Silahkan membagikan pemikiran, artikel, pengalaman pribadi, ajaran Firman Tuhan, dsb di forum ini. Forum ini juga terbuka untuk dibaca pendatang yang tidak medaftarkan diri sehingga penulis juga bisa membagikan tautan (link) tulisannya di forum ini ke WAG atau media lainnya.
gunawan
Post: 34
Bergabung: 27 Jul 2022 13:51

Pentakosta H-9 - Menerima Roh Kudus dan Baptis: Kapan Anda menerima Roh Kudus, sebelum, selama, atau setelah Baptisan?

Post oleh gunawan »

"Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus....." (Kisah Para Rasul 2:1-4).

Seseorang dapat menerima Roh Kudus sebelum, selama, dan setelah baptisan.
Alkitab memiliki contoh-contoh dari ketiganya.

Pada saat pembaptisan Yesus, Ia menerima pencurahan Roh Kudus secara khusus. Alkitab mengatakan, "Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya." (Markus 1:10). Demikian juga, dalam khotbah Rasul Petrus yang luar biasa dalam Kisah Para Rasul 2, ia mengatakan kepada para pendengarnya, "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus." (Kisah Para Rasul 2:38). Anda juga dapat menemukan contoh dalam Kisah Para Rasul 19 di mana beberapa orang percaya di Efesus dibaptis ulang oleh Rasul Paulus, dan pada saat pembaptisanlah mereka menerima Roh Kudus (ayat 6).

Beberapa orang menerima Roh Kudus sebelum mereka dibaptis (pada kejadian ini adalah baptis air). Sebagai contoh, pada Kisah Para Rasul 10 ketika perwira Kornelius dan keluarganya mendengarkan khotbah Petrus, "Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu" (ayat 44). Barulah setelah itu, mereka dibaptis, "Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus." (ayat 48).

Hampir pasti -- walau tidak tertulis eksplisit -- para rasul dan murid-murid Tuhan Yesus lainnya dibaptis dengan air, mestinya oleh Yohanes Pembaptis, akan tetapi mereka tidak menerima kepenuhan Roh Kudus sampai hari Pentakosta. Kemudian Roh Kudus datang dengan penuh kuasa dan memberi mereka kuasa untuk berkhotbah.

Roh Kudus diterima dalam "derajat dan waktu" yang berbeda dalam kehidupan seseorang. Roh Kudus yang masuk ke dalam hidup kita yang mengilhami kita untuk berserah, -- bisa termasuk, jika belum -- dibaptis, dan mengalami pertobatan. Roh Kudus diberikan dalam waktu yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempersiapkan kita bagi pekerjaan yang Allah kehendaki untuk kita lakukan.

Bapa, terima kasih atas janji Roh Kudus-Mu. Penuhlah diriku oleh Roh-Mu untuk membawa aku lebih dekat kepada-Mu, memberdayakan diriku, dan membagikan Kristus kepada orang lain. Amin.
GregoryEmpom
Post: 1777
Bergabung: 16 Mar 2024 15:38

Re: Pentakosta H-9 - Menerima Roh Kudus dan Baptis: Kapan Anda menerima Roh Kudus, sebelum, selama, atau setelah Baptisa

Post oleh GregoryEmpom »

BUTTON_POST_REPLY