1H1P - Kejadian 3 - New Age Movement

Silahkan membagikan pemikiran, artikel, pengalaman pribadi, ajaran Firman Tuhan, dsb di forum ini. Forum ini juga terbuka untuk dibaca pendatang yang tidak medaftarkan diri sehingga penulis juga bisa membagikan tautan (link) tulisannya di forum ini ke WAG atau media lainnya.
gunawan
Post: 34
Bergabung: 27 Jul 2022 13:51

1H1P - Kejadian 3 - New Age Movement

Post oleh gunawan »

Banyak(!) aliran yang dianggap bidah/ bidat yang sesat oleh Kristen, dan nama2 alirannya biasa diakhiri dengan berbagai imbuhan _"isme"._
Khusus yang satu ini: "New Age Movement (NAM)" (Gerakan Jaman Baru) tidak berlabel isme, walau disebut mencakup sejumlah isme lainnya.
Yang pasti sama bahayanya dengan bidat2 lainnya.
Para teolog pun merasa cukup sulit mendefinisikan dengan tepat apakah NAM itu?
Ini karena NAM mencakup berbagai praktek spiritual dan disebut eclectic (turunan dari berbagai sumber yang tidak sistematis, gado2 ide!).
Saya pun tidak mampu mendefinisikannya secara formal, walau ada Wikipedia dan artikel2 NAM dari banyak website Kristen.

Mencoba menunjukkan ciri2 NAM saja: bisa terkait dengan okultisme, fenomena psikis, spiritisme, kekuatan supranatural; bisa memiliki satu atau lebih unsur isme2 tua seperti paganisme, panteisme, gnosticism sampai politeisme; bisa dipengaruhi agama2 Timur Jauh; bisa termasuk praktek2 eksplorasi pada potensi maksimal integrasi dari "Pikiran-Tubuh-Roh"; bisa menekankan penyatuan sains dan spiritualitas; saat pihak lain menyebut NAM ini gerakan agama, kadang pengikutnya tak mengakuinya, mereka mengganggap yang dilakukan hanya praktek2 spiritual; kadang memakai gagasan reinkarnasi dari theosophists yang asalnya dari dua agama besar timur jauh; kadang pengikutnya menyebut bahwa mereka menantikan "Zaman Baru" dari kasih dan terang (bukan dari Kristus!); kadang menawarkan era yang akan datang melalui transformasi dan penyembuhan (healing) pribadi.
Saya sendiri hanya mampu menyebut "bisa" dan/atau "kadang", karena sifat NAM yang "eklektik" itu.
Memang bisa dan kadang memuat beberapa, walau jarang memuat semua ciri yang saya sebut di atas.
Lalu apa hubungan NAM ini dengan Kejadian 3?

Dari barisan ciri NAM di atas dapat ditambahkan: bisa terkait astrologi; kadang Tuhan tak disebut "He" tetapi "It", karena kata mereka bahwa semua adalah Tuhan; menolak monotheisme (Pribadi Allah yang Tunggal); memuat pengharapan pada Zaman Baru yang bukan dari pemerintahan Kristus; dll.
Banyak lagi lainnya.
Membingungkan.
Seorang penulis mencatat bahwa ajakan ular pada Hawa bahwa dia tidak akan mati jika dia tidak mematuhi perintah Tuhan (Kejadian 3:4) adalah cikal bakal NAM ini.
Ajakan NAM untuk tidak harus taat pada "One-all Powerful God", karena "god is ini everything" (allah-allah bisa dalam segala sesuatu) jelas adalah kepalsuan lama yang persis sama seperti yang dikatakan Setan kepada Hawa di Eden.
Saat ini begitu banyak buku, siaran televisi, film, radio, media sosial, internet telah memberi porsi yang luar biasa pada NAM ini.
Ya Tuhan, biarlah saya hanya memakai sumber terbaik dari segala kebenaran, Sabda Kudus Allah, Alkitab, untuk menguji semua kebenaran palsu lain yang begitu banyak telah datang pada hidup saya pada zaman ini. Amin. 🙏
Kiranya ini menjadi doa kita bersama.
GregoryEmpom
Post: 1777
Bergabung: 16 Mar 2024 15:38

Re: 1H1P - Kejadian 3 - New Age Movement

Post oleh GregoryEmpom »

BUTTON_POST_REPLY