Pentakosta H-6 - The Unpardonable Sin - Apakah Dosa yang Tidak Dapat Diampuni itu? (Bagian 2-Khusus)

Silahkan membagikan pemikiran, artikel, pengalaman pribadi, ajaran Firman Tuhan, dsb di forum ini. Forum ini juga terbuka untuk dibaca pendatang yang tidak medaftarkan diri sehingga penulis juga bisa membagikan tautan (link) tulisannya di forum ini ke WAG atau media lainnya.
gunawan
Post: 33
Bergabung: 27 Jul 2022 13:51

Pentakosta H-6 - The Unpardonable Sin - Apakah Dosa yang Tidak Dapat Diampuni itu? (Bagian 2-Khusus)

Post oleh gunawan »

"Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni." (Matius 12:31).

Jadi bagaimana dengan penghujatan terhadap Roh Kudus, apakah tidak dapat diampuni? Untuk menjawabnya, kita perlu memahami apa yang Roh Kudus lakukan. Setelah kita memahaminya, kita akan melihat mengapa peranan Allah Roh Kudus begitu krusial sehingga menghujat Dia adalah dosa yang sangat serius yang tidak dapat diampuni.

Roh Kudus melakukan tiga hal: Pertama, Roh Kudus mengajarkan kepada kita semua hal yang perlu kita ketahui untuk keselamatan kita (Yohanes 14:26). Kedua, Roh Kudus memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13). Ketiga, misi Roh Kudus adalah menginsafkan kita akan dosa (Yohanes 16:7,8).

Inilah pekerjaan-Nya, pekerjaan Allah Roh Kudus!
Oleh karena itu, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa selama kita mengizinkan Roh Kudus mengajar kita, memimpin kita, dan menginsafkan kita, kita tidak akan pernah bersalah karena melakukan dosa yang tidak dapat diampuni. Tetapi seandainya kita menolak untuk mengakui ketiga karya Roh Kudus ini dalam pengalaman pribadi kita dengan Allah; saat itulah orang mulai mendekati parameter mematikan dari dosa terburuk yang pernah ada.

Menghujat Roh Kudus (blasphemy against the Holy Spirit) adalah penolakan yang terus menerus dan konstan terhadap tarikan kasih Roh Allah, sedemikian rupa sehingga dan sampai seorang manusia kehilangan kemampuan untuk mendengar suara Roh: "Hati nuraninya telah dibakar seperti besi panas." (1 Timotius 4:2)
Ini BUKAN dari Alkitab Bahasa Indonesia TB, tetapi dari NIV yang saya terjemahkan sendiri, "whose consciences have been seared as with a hot iron").
Penghujatan yang mematikan ini juga disebut "mendukakan" Roh Kudus. Rasul Paulus berkata, "Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan." (Efesus 4:30) yang membawa juga pada pemahaman bahwa kita dapat mendukakan Dia secara permanen. Ini yang sangat berbahaya!

Pada akhirnya, seseorang kehilangan kemampuan untuk bertobat dan karena itu orang itu tidak dapat diselamatkan. Karena dosa inilah seseorang tidak dapat diampuni, karena mereka telah menolak Roh yang menginsafkan dosa (Yohanes 16:8). Jadi, jika Anda masih merasa bersalah atas dosa dan memiliki keinginan untuk bertobat, maka Anda mungkin "belum" melakukan dosa yang tidak dapat diampuni.

Ya Tuhan, kiranya Roh-Mu setiap hari menginsafkanku akan dosa. Biarlah diriku selalu merespons bisikan suara-Mu dalam hatiku. Biarlah diriku tak pernah berpaling dari-Mu. Amin.
BUTTON_POST_REPLY